Friday 3 December 2004

surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai

"Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (QS. 2:25)

Kenapa ya kebanyakan kata surga dalam Al-Quran diikuti dengan kalimat "yang mengalir dibawahnya sungai-sungai". Apa ya yang Allah ingin kita pahami dari kalimat itu? Kalau misalnya ingin menggambarkan keindahan surga, kenapa tidak diganti dengan kalimat "yang didalamnya bertahtakan emas berlian". Atau kalau ingin menggambarkan bahwa sungai identik dengan air dan air identik dengan kehidupan, kenapa sungai? Kenapa tidak laut atau samudera? Atau memang karena sungai-lah sumber peradaban manusia? Seperti Eufrat, Tigris dan Nil? Wallahu’alam bisshowab. Ada yang mau berbagi?

Dari yang lagi bertanya-tanya, tapi belum banyak baca buku, baca terjemah masih bolong2 dan baca tafsir masih tersendat-sendat. Moga Allah karuniai kesanggupan untuk berdekatan dengan-Nya melalui ilmu. Amin.

Btw, ingin pergi ke Eufrat, Tigris dan Nil. Suatu saat nanti. Semoga.

2 comments:

imponk said...

saya tahu (kalo gak salah dari pelajaran tafsir jalalain). kenapa? jawabannya alquran diturunkan di makkah (timur tengah) yang nota bene disana gersang dan kekurangan air. sedangkan suasana hijau, mengalir dibawahnya sungai-sungai adalah gambaran yang sangat tepat sebagai "iming-iming".

coba bayangkan, orang yang sedang perjalanan ditanah gersang, kemudian ditawari minuman sejuk nan menyegarkan? waaah... pasti maunya. begitulah mungkin yang dimaskudkan. (ini bahasa alquran yang begitu indah untuk menggambarkan "iming-iming" yang tepat akan suatu tempat yang bernama surga itu)

tapi yang pasti, surga itu sesuatu yang belum pernah didengar telinga, belum pernah dilihat oleh mata, dan belum pernah terdetik dalam hati. saking indahnya...

Anonymous said...

Subhanallah...

Iri

Ingin rasanya berada bersisian, berdampingan dengan teman-teman di lapangan yang sedang berjibaku tak kenal henti. Mereka diberi kesempa...