Friday 14 January 2005

sehat itu mahal

seperti yang dah diduga, di subbag radioterapi alatnya super canggih semua. pas pertama masuk, bengong dulu, ga tau apa-apa. baru deh dijelasin ma senior. ini ruang untuk buat protesa, disini ruang simulasi, yang disana itu ruang terapinya. setelah beberapa kali mondar mandir, baru ngeberaniin diri masuk ke ruang terapi ---takut ma radiasinya. gitu masuk, di dalam ruangannya ada ruang gelap dengan sinar laser di sekelilingnya dan di tengah ruangan ada satu tempat berbaring dengan sumber sinar di atasnya. setelah itu, mulai tanya-tanya ma radiografernya. alhamdulillah bapaknya baik. ditanya satu pertanyaan, jawabannya panjang banget. tapi jadi tertolong dengan penjelasan beliau.

jadi yang ini di blok, supaya ga kena otak, yang ini dikasih tanda supaya tepat sasaran. kalau yang ini harus dikasih bolus supaya kedalamannya tetap 2 cm.

sebenarnya ga gitu paham ma penjelasan sang radiografer, apalagi ngobrolnya sambil jalan bolak balik masuk ruang radioterapi. tapi jadi tercerahkan dikit dikit. Alhamdulillah.

btw, alat-alat di dalamnya canggih bener. ga nyangka kalau ruang bawah tanah RSHS punya alat-alat mahal begini --maklum baru kali ini liat yang beginian, masih terpesona :D.

setelah beberapa jam di ruangan sinar eksterna, sekarang mampir ke ruang sinar interna. disambut dengan bapak yang juga baik. di dalem ada pasien yang lagi diterapi. duh sedih d lihatnya. selesai diterapi gitu, beliau nangis. pas ditanya: ibu kenapa? sakit? ibu itu hanya ngegeleng sembari sesenggukan: ngga, ibu hanya sedih.
duh sedih juga lihatnya, pilu. semoga cepat sembuh ya bu.

sekitar jam 10.30 naik lagi ke atas, di bagian thorax. nyeritain pengalaman di radioterapi ke temen. dia bilang: iya si banyak pemandangan yang bikin miris disana. bener, disana berderet pasien dengan penyakit yang tak ringan. ada yang ca. recti, kanker payudara, retinoblastoma. duh Rabb, benar-benar terasa nikmat sehat itu sungguh luar biasa.

dan pas nanya berapa biayanya ma teteh yang kerja di sana, bliau bilang sepaket sekitar juta-juta begitu harganya. dan untuk radioterapi ga hanya sekali datengnya. bisa berkali-kali. jadi makin pilu, udah sakit begini, bayar mahal pula. tapi di bagian radioterapi ini masih menerima pasien dengan kartu askes, jadi bisa terbantu dikit-dikit.

bener, sehat itu mahal harganya.
hayu2 jaga kesehatan, perhatiin makan, minum, olahraga jangan lupa, hindari rokok, alkohol, junk food..
selamat hidup sehat

No comments:

Iri

Ingin rasanya berada bersisian, berdampingan dengan teman-teman di lapangan yang sedang berjibaku tak kenal henti. Mereka diberi kesempa...