Saturday 22 January 2005

.. menjadi istimewa

koas juga manusia..

akhir-akhir ini sering d denger temen2 menyenandungkan kalimat itu.. terus ga lama abis itu, ada yang nyanyi juga..

dokter juga manusia..

setelah beberapa hari disana, kadang ada temen yang sempet kepikiran yakin ni mau jadi dokter, termasuk saya :D. bukan apa-apa, kadang kerasa rada berat bebannya, kadang ngerasa ngejalanin masa koas kok ya susah bener, disuruh itu, disuruh ini, kadang rada ga nyambung ma tugas koas, macem-macem d. tapi orang yang lagi rada rumit hidupnya pasti ngerasa jadi orang paling menderita sedunia :D, tul ga? benar sekali, termasuk saya :D.

kalau udah begini, harus banyak-banyak bercermin. ga usah jauh-jauh, dokter-dokter sebelah, yang lagi sekolah untuk jadi spesialis juga ribetnya bukan main. bahkan kerja dan tanggung jawabnya lebih berat dari koas. belum lagi yang udah berkeluarga, tekanan buat dirinya pasti lebih berat. mikir keluarga, mikir sekolah, mikir belajar.. jadi beliau-beliau itu harus udah hadir di rumah sakit paling lambat jam 7-an, tiap hari begitu, dan ada jaga malam sekitar 24 jam lebih -kayaknya 2 kali seminggu ada deh-, belum lagi waktu buat belajar di rumah, keluarga dll, ko bisa ya?? dan di depan pasien harus tetep manis.. risiko, dah ngambil keputusan seharusnya dah siap nerima segalanya..

dan ternyata mereka bisa ngatasinnya, toh mereka juga manusia..

jadi dimana letak salahnya? seharusnya lagu yang dipopulerkan oleh salah satu band itu, bukan satu pembenaran..

dokter juga manusia..
koas juga manusia..

seperti manusia lainnya, kita juga manusia, tapi yang penting adalah bagaimana caranya agar kita menjadi manusia yang istimewa..

seperti Nabi Ibrahim, bagaimanapun beliau adalah manusia, yang jelas akan ada sedih yang tak terbendung ketika anak yang begitu lama dinanti diminta ALlah untuk dikembalikan pada-Nya dengan cara dikurbankan..
dan juga Siti Hajar, istrinya, yang sesaat setelah melahirkan Ismail, ditinggalkan di tengah padang pasir tanpa suatu bekal apapun. Pasti ada rasa nelansa yang luar biasa, karena Siti Hajar juga manusia. untuk para ibu pasti dah tahu ya rasanya seperti apa post partum itu, butuh perhatian, butuh istirahat, butuh suami disisinya, terasa lemah fisik dan psikis.

mereka juga manusia, tapi mereka manusia yang istimewa..
ada banyak yang istimewa di sekeliling kita, bukan hanya para nabi dan sahabat, tapi mungkin orang-orang terdekat kita, yang mampu me-manage fitrah kemanusiaannya menjadi kekuatan yang istimewa..

jadi .. pesan seorang sahabat: bagaimanapun kondisi kita sebagai manusia yang sangat rapuh dan lemah, dengan semangat naik turun, ingatlah kembali pada mereka, bercerminlah pada mereka..
karena mereka bukan manusia biasa
mereka adalah manusia-manusia langit yang tetap berpijak di bumi
mereka adalah manusia istimewa yang obsesinya adalah akhirat..

subhanallah..

2 comments:

imponk said...

bukannya rocker juga manusia? :D

gitafh said...

makasiy dess, he eh ditulis dengan harapan suatu saat bisa jadi bagian dari mereka :)

imponK: btw belum pernah denger lagu itu, hanya tau dari orang2 aja :D

arwen: bentar wen, bentar jangan nyanyi dulu.. *tutup telinga yang tadi disediain kemana ya.. :p *

Iri

Ingin rasanya berada bersisian, berdampingan dengan teman-teman di lapangan yang sedang berjibaku tak kenal henti. Mereka diberi kesempa...